Berkah Tersendiri Bagi Industri Telur Asin Dibalik Mahalnya Harga Garam


Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

Kantor Pemasaran

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/sustaini/public_html/wp-content/plugins/php-code-widget/execphp.php(27) : eval()'d code on line 9

Berkah Tersendiri Bagi Industri Telur Asin Dibalik Mahalnya Harga Garam

Masalah harga telur asin di provinsi bangka belitung terutama di kota pangkal pinang selalu merangkak dan naik. Sehingga membuat harga garampun menjadi mahal.

Berkah Tersendiri Bagi Industri Telur Asin Dibalik Mahalnya Harga Garam

“Ikut naiknya harga telut menyebabkan garam harganya mahal, naik sebanyak 3 ribu rupiah yaitu dari 8 ribu rupiah menjadi 11 ribu rupiah setiap kilonya. Karena bahan paling utama untuk mengasinkan telur dari distributor telur ayam ras mendadak naik jadi kamu juga wajib menaikkan dari harga telur asinnya,” ungkap salah seorang pedangan telur asin yang ada di pasar kebarabut, pangkal pinang, tedi, selasa 1 agustus 2017.

Dia menjelaskan, harga setiap butrir dari telur asin sebelumgaram itu mengalami sisi kenaikan yaitu 3500 rupiah, akan tetapi saat ini mengalami kenaikan yang menjadi 3750 rupiah setiap butirnya.

“telur asin sendiri mengalami kenaikan sebanyak 250 rupiah dari yang sebelumnya. Karena harga garam juga ikut naik jadi mau tidak mau harga telur asin perlu dinaikkan agar kami tidak mengalami kerugian,” kata tedi.

Sumin yang merupakan perajin telur asin dari pangkal pinang mengakui harus terpaksa menaikkan harga kepada para pedangan sebab modal produksinya jauh lebih besar akibat garam yang menjadi bahan baku utamanya telur asin juga naik.

“Dalam satu hari biasanya saya itu memproduksi kurang lebih sekitar seribu butir telur asin dari distributor telur ayam ras, saat ini hanya sekitar 500-700 butir telur asin sebab modalnya jauh lebih besar,” katanya tedi.

Dia juga menyatakan, hasil dari produksinya langsung dijual di beberapa toko dan para pedangan telur di pasar setiap harinya. Stok garam di babel terjaga betul agar tidak terjadi suatu kelangkaan yang pada akhirnya akan jauh lebih menyulitkan untuk para pengusaha telur asin itu sendiri.

“Mudah-mudahan garam yang ada di bangka belitung tidaklah langka seperti yang ada di beberapa daerah lainnya sebab garam adalah bahan baku paling utama dalam proses membuat telur asin. Jika langka semua saja yang menjadi perajin telur asin tidak mampu memproduksinya lagi,” ucap tedi.

Baca juga tentang: mpv menjadi andalan industri otomotif untuk meningkatkan ekspor

Semua yang menjadi permasalahan dari masyarakat bangka belitung terutama para perajin telur asin itu adalah garam yang menjadi langka. Namun ini menjadi keberkahan tersendiri bagi para perajin telur asin dengan mahalnya garam selain bisa menaikkan harga dari telur asinnya juga harus lebih memberikan rasa dari telur asin itu yang tidak ada kurangnya seperti pada saat masih mudahnya produksi garam di temukan.

Seluruh masyarakat perajin telur asin saat ini selalu membuat sisi berkah sendiri dan menganggap semua yang naik dari garam maupun telur asinnya yang dipaksakan naik.

Dipastikan semua pasti ada hikmahnya untuk selalu konsisten dalam pembuatan telur asin meski harga garamnya juga saat ini naik. Sebab dari sini memberikan upaya bagaimana perajin bisa mengolah telur asin itu dengan sebaik-baiknya. Bahkan membuat telur asin yang citra rasanya tidak mengurangi dengan citra rasa yang sebelumnya.

Bagi para perajin telur asin dari distributor telur ayam ras ini selalu mengambil pelajaran dan pengalaman tersendiri dengan mahalnya garam. Sebab hanya itulah yang mampu dijalankan sampai detik ini. Selama nanti mampu membuat telur asin dengan stok garam yang dimilikinya, dijamin semuanya semuanya juga berjalan sesuai dengan apa yang selama ini diharapkan oleh para perajin itu. Semuanya pasti ada keberkahan sendiri baik dengan naiknya garam maupun telur asin yang diproduksi.

Sumber: http://beritajatim.com/ekonomi/304557/di_balik_garam_mahal,_berkah_industri_telur_asin.html

http://www.distributortelurjakarta.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *