Jual Potensi Pasar Indonesia Dalam Industri Komponen Mesin Mobil Masih Rendah


Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

Kantor Pemasaran

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/sustaini/public_html/wp-content/plugins/php-code-widget/execphp.php(27) : eval()'d code on line 9

Potensi Pasar Indonesia Dalam Industri Komponen Mesin Mobil Masih Rendah

Sebagai negara yang sering dijadikan sebagai target pasar berbagai produk, termasuk otomotif, ternyata juga memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi salah satu produsen yang menyuplai komponen untuk mobil. Namun hingga sekarang belum banyak industri yang sanggup untuk memenuhi permintaan yang cukup membeludak.

Potensi Pasar Indonesia Dalam Industri Komponen

Selama ini industri komponen tanah air lebih banyak menghasilkan produk untuk kendaraan dari Negeri Sakura. Padahal pasar untuk komponen mobil Jepang dan Eropa masih sangat besar. Hal tersebut juga sempat disinggung oleh I Gusti Putu Surya Wirawan selaku Direktur Jenderal dari ILMATE Kementerian Perindustrian. Beliau mengiyakan bahwa industri komponen tanah air masih sangat terbatas.

Membaca Peluang Bisnis Komponen Pasar Eropa

Ada Standar

Salah satu alasan industri mobil eropa murah di indonesia belum banyak yang bisa menembus pasar Eropa adalah karena adanya standar yang cukup sulit dipenuhi. Selama ini standar yang ditetapkan oleh industri Asia masih sangat longgar dibandingkan dengan industri luar negeri, khususnya Eropa. Mereka menetapkan hal-hal detail dan standarisasi yang tinggi, bahkan untuk komponen semacam baterai.

Standar yang jauh inilah yang harus dipikirkan jalan keluarnya. Namun peluang tersebut masih ada, buktinya ada beberapa industri yang bisa menyuplai walaupun dalam skala yang sangat kecil. Hal ini berarti, jika dioptimalkan, masih ada kesempatan bagi industri komponen Indonesia untuk bisa menembus pasar Eropa

Berbanding Lurus Dengan Volume

Sama seperti prinsip ekonomi yang ada di pasaran dengan ada penawaran maka baru ada pembelian, maka industri komponen pun berpegang pada hal yang sama. Industri komponen tidak dapat memproduksi terlalu banyak jika tidak ada permintaan yang datang. Memperkecil kerugian karena tidak adanya keseimbangan lajur keluar masuk inilah yang membuat industri komponen mobil Eropa tidak berkembang.

Terlebih lagi selama ini mobil yang beredar di pasaran tanah air memang kebanyakan didominasi dengan produk dari Asia. Jarang ada pabrikan mobil Eropa yang memasarkan produk mereka di sini, maka dari itulah permintaan akan komponen untuk mendukung mobil keluaran Eropa sangat minim jumlahnya.

Salah satu yang bisa mendatangkan industri komponen mobil Eropa ke tanah air adalah jika ada volume produksi mobil yang tinggi. Tetapi melihat kondisi sekarang, semua masih belum memungkinkan. Harapannya adalah industri mobil Eropa bisa memberikan variasi model baru yang cocok dengan pasaran tanah air. Dengan demikian keseimbangan penawaran dan pembelian akan tercapai.

Penjualan Mobil Cukup Tinggi

Jika melihat angka statistik, dunia otomotif di Indonesia bisa dibilang sangat menjanjikan. Walaupun terjadi resesi di mana-mana, namun pasar mobil di tanah air masih bisa dibilang stabil. Bahkan setiap tahunnya ada jutaan merek mobil yang terjual. Ini merupakan angka yang sangat fantastis. Sedangkan untuk pasar mobil Eropa saja, ada sekitar satu juta unit yang bisa terjual setiap tahun.

Angka penjualan mobil dalam skala nasional milik Indonesia bahkan bisa lebih tinggi dari Thailand. Di Negeri Gajah Putih tersebut, angka yang berhasil dicapai dalam penjualan setiap tahunnya hanya berkisar enam ratus ribu unit saja. Ada selisih empat ratus ribu unit dan itu adalah angka yang besar.

Melihat penjualan tersebut, industri komponen bisa sedikit optimis karena masih ada peluang mobil Eropa akan masuk dan juga ikut meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Tetapi sebelumnya tentu industri komponen sendiri harus berbenah agar bisa mengikuti standar yang mereka tetapkan.

Sumber:
https://news.okezone.com/read/2016/05/26/15/1397981/industri-komponen-indonesia-untuk-mobil-eropa-masih-sangat-sedikit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *