Jual Pipa (Hitam Gas & Galvanis) di Malang


Hubungi Rinanti!

0813 5710 7555 Bu Rinanti

Kantor Pemasaran

Raya BUNGKAL Gg Sumur no. 50c, Sambikerep-Surabaya

Gallery Pipa (Hitam/Gas, Galvanis)

Pipa besi adalah pipa yang di rancang dengan kekuatan dan ketahanannya. Kegunaan pipa-pipa ini tanpa kita sadari kita gunakandalam kehidupan sehari-hari, karena yang orang awam pada umumnya lebih mengenal dalam bentuk sesuatu yang jadi, seperti pagar, tiang-tiang lampu, tiang baliho, dan sebagainya.

Kegunaan Pipa Hitam

Di Indonesia sekarang ini ada banyak jenis pipa hitam yang diperjualbelikan di pasaran. Masing-masing dibedakan berdasar ketebalan, ketahanan, dan ukuran diameter. Saat dipasang di konstruksi bangunan mall, rumah sakit, maupun perkantoran, pipoa ini memiliki beberapa kegunaan, seperti:

  1. Membantu mengalirkan cairan zat maupun gas keluar area pabrik sehingga tidak ada kebocoran yang akan mengancam keberlangsungan kinerja gedung
  2. Pipa hitam juga bermanfaat sebagai tiang penyangga konstruksi bangunan rumah, perkantoran, maupun kanopi
  3. Membantu mengalirkan senyawa atau gas tertentu yang digunakan untuk kebutuhan medis
  4. Membantu menjadi kerangka pelapis dalam rangka penanaman kabel listrik maupun serat fiber yang perlu terlindungi agar kinerjanya maksimal

Lalu apa itu pipa hitam dan apa kegunaannya? Mari kita simak ulasan mengenai pipa hitam berikut ini.

Jenis dan Ukuran Pipa Gas

Apakah pipa gas / hitam ada banyak jenis serta ukurannya. Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa pipa memiliki jenis serta ukuran yang berbeda yang disesuaikan dengan fungsi kegunaanya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu di ketahui tentang jenis pipa.

Ada pipa hitam sch 40, pipa hitam sch 80, pipa hitam galvanis dan juga pipa hitam medium. Untuk ukurannya, jenis pipa hitam ini juga mirip dengan pipa pada umumnya yaitu tersedia dalam berbagai ukuran diameter mula dari ½ inch hingga 4 atau bahkan 6 inch.

Masih ada lagi pipa yang berbahan dasar carbon steel, yaitu Seamless Pipe atau biasa juga lebih dikenal dengan istilah pipa tanpa sambungan. Pipa jenis ini biasanya baik digunakan untuk pipa sambungan karena sisinya yang rata dan tidak banyak las. Seamless Pipe ini adalah pipa yang diukur dari ketebalannya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pemasangan Pipa Gas Rumah Tangga di Malang

Selain digunakan dalam industri, ternyata pipa hitam yang sering dikenal sebagai pipa gas ini sebetulnya juga bisa digunakan dalam rumah tangga. Fungsinya apa? Fungsinya adalah sebagai penyalur gas alam ke rumah tangga

Saat ini sudah ada cukup banyak daerah yang menggunakan gas alam untuk rumah tangganya. Nah penggunaan pipa gas ini difungsikan untuk menyalurkan gas alam tersebut ke perumahan. Untuk menyalurkan gas alam ke perumahan dibutuhkan pipa gas atau pipa hitam karena memang dibutuhkan pipa yang tahan lama dan aman dari benturan dan kebocoran.

Pada pemasangan pipa gas rumah tangga nanti biasanya menggunakan pipa yang berbahan dasar carbon steel, ukuran pipa tidak terlalu besar dan mempunyai ketebelan sekitar 4 mili ( mm ) serta di lengkapi dengan pemasangan regulator guna menurunkan tekanan gas. Ketika pemasangan pipa gas rumah tangga ini selesai, pastinya dilakukan uji coba tekanan gas nitrogen selama dua sampai tiga hari guna memastikan tidak ada kebocoran gas dan menjamin keselamatan banyak orang.

Harga Pipa Gas Medis

Salah satu jenis pipa yang banyak dicari oleh pelaku usaha adalah pipa gas medis, selain bermanfaat mendukung kegiatan medis, pipa gas jenis ini juga bisa digunakan untuk konstruksi bangunan rumah dengan pola khusus.

Ketentuan-ketentuan untuk pipa medis ini bahkan diatur dalam undang-undang. Jadi untuk instalasi pipa dalam dunia medis juga tidka boleh sembarangan. Karena memiliki bahan yang khusus, pipa untuk gas dalam dunia medis juga memiliki harga yang berbeda dari pipa gas kebanyakan.

Harga Pipa Gas Besi

Pipa untuk keperluan medis umumnya sedikit berbeda dengan pipa gas besi yang digunakan untuk konstruksi area tertentu.

Harga ini disesuaikan dengan ukuran dari pipa besi tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makin besar diameter dan juga ketebalannya harga dari pipa besi tersebut akan semakin mahal.

Ukuran Pipa Besi Hitam

Pipag galvanis sekarang ini lebih banyak di aplikasikan pada luar ruangan, ia sering digunakan pada pagar rumah, pegangan tangan, atau beberapa keperluan pipa dalam rumah. Sangat berbeda dengan pipa hitam, pipa galvanis tidak cocok dilalui gas. Tapi karena pipa galvanis di lapisi seng dan sangat tahan terhadap korosi, pipa galvanis sangat diaplikasikan pada barang atau bahan-bahan yang akan dilalui unsur kimia.

Masing -masing ukuran diameter dari pipa tersebut tersedia dalam beberapa ukuran ketebalan. Untuk memilihnya anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Daftar Harga Pipa Besi Hitam di Malang

Jika Anda merasa perkiraan harga pipa besi stainless maupun pipa gas yang diuraikan diatas belum memadai, Anda bisa menyimak perbandingannya dengan daftar harga pipa besi hitam berikut ini. Untuk pipa besi hitam biasa dengan ukuran ½ inch dengan tebal yang tipis 0,6 mm dijual dengan harga sekitar Rp. 13.000 keatas. Namun untuk yang mempunyai ukuran 5 inch dengan harga mulai dari Rp 500.000. Namun perlu diingat kembali bahwa harga tersebut bukanlah harga pasti atau tetap, harga dapat berubah kapan saja.

Ukuran Pipa Galvanis

Jenis dari pipa hitam ada banyak, salah satunya adalah pipa hitam atau pipa besi galvanis. Pipa ini juga memiliki kriteria yang sama dengan pipa hitam yang lain. Bedanya pipa ini mengalami proses pelapisan. Proses pelapisan ini digunakan untuk membantu mempersiapkan pipa hitam agar dapat tahan lebih lama terhadap korosi. Proses pelapisan pipa besi ini dilakukan dengan menggunakan bahan seng. Jika Anda ingin mendapatkan pipa galvanis yang berukuran diameter besar hingga 42 inci, Anda bisa memesan langsung pada penyedia jasa dengan mengutarakan keinginan pemesanan.

Pipa Galvanis Medium

Sama halnya seperti pipa besi, pipa galvanis juga ada yang tersedia dalam ukuran bentuk medium. Untuk masalah harga, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki dan konstruksi bangunan. Umumnya untuk pipa galvanis dengan ukuran diameter ½’ dan tebal 2.8mm. Untuk ukuran diameter ¾” dan 1” yang ketebalannya antara 2,9-3.4mm. Mempunyai ketebelan sekitar 2 mm sampai dengan 4 mm, mempunyai berat pipa dari 1 kg sampai dengan 16 kg. Ukuran pipa juga dari ½ inch sampai dengan 6 inch.